Ketika hendak mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan, memiliki perencanaan bisnis yang telah dipikirkan dengan matang untuk diikuti bisa sangat membantu. Dengan cara seperti ini, pemilik bisnis dapat memastikan kelancaran operasional perusahaan mereka tanpa pernah keluar dari jalur. Informasi yang berkaitan dengan sejarah perusahaan, tujuannya, dan deskripsi produk semuanya termasuk dalam rencana bisnis. Wirausahawan mampu menetapkan tolok ukur produksi produk yang dimiliki ketika memiliki business plan. Ketika pemilik bisnis sedang mencari calon investor untuk perusahaan mereka, memiliki rencana bisnis untuk ditunjukkan kepada mereka akan sangat membantu. Anda memiliki tanggung jawab untuk memahami dulu komponen-komponen yang menyusun rencana bisnis. Dalam rencana bisnis, pengusaha diharuskan mengisi informasi berikut:

– Identitas perusahaan
– Tujuan perusahaan
– Deskripsi bisnis
– Tujuan dan spesifikasi produksi

Agar sukses dalam menjalankan bisnis makanan, salah satu syarat suksesnya adalah pembuatan business plan. Alasannya adalah karena dalam menjalankan bisnis makanan membutuhkan pertimbangan yang cermat dari berbagai faktor. Anda perlu menjaga pasokan serta kualitas bahan baku agar rasa tetap konsisten untuk pembeli di masa mendatang. Bisnis apa pun, termasuk bisnis makanan, harus dimulai dengan struktur. Anda perlu membuat rencana bisnis terlebih dahulu untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang ke mana Anda ingin membawa perusahaan yang akan Anda jalankan.

Setiap unit bisnis perlu memiliki business plan makanan karena hal tersebut sangat penting. Seorang pemilik bisnis perlu membuat rencana bisnis agar berhasil dalam jangka panjang, terlepas dari ukuran perusahaan yang mereka jalankan saat ini. dengan maksud untuk dapat memandu Anda melalui proses mencari tahu langkah-langkah yang perlu diambil ketika Anda sedang membangun bisnis. Karena orang akan selalu membutuhkan makanan, maka akan selalu ada prospek bagus bagi mereka yang berkecimpung di bisnis makanan saat ini. Namun, Anda tidak boleh terburu-buru untuk meluncurkan perusahaan di industri makanan. Akibatnya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun rencana bisnis makanan seperti contoh yang diberikan di bawah ini. Anda dapat membuatnya lebih sederhana untuk kebutuhan Anda dengan menggunakan <b>contoh perencanaan bisnis makanan</b> yang telah disediakan di bawah ini sebagai panduan.

Profil Perusahaan

Nama Perusahaan : Toko Pisang Epe
Jenis Usaha : Makanan dan Minuman ( Kuliner )
Alamat : Jl Karim Amrullah No. 13, Jakarta Selatan
Pemilik: Candra
Manajer: Cahaya
Pemasaran : Cakra

Visi perusahaan:

Makanan olahan berbahan dasar pisang yang sehat dan nikmat disajikan untuk masyarakat Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Misi perusahaan:

Menghasilkan produk makanan berkualitas tinggi dengan menggunakan komponen yang higienis dan menyajikannya secara kontemporer demi mencapai kepuasan pelanggan.

Produk : Pisang yang sudah disangrai

Deskripsi Produk : Pisang yang sudah diolah dan disajikan dalam bentuk pisang bakar disajikan dengan cara yang inovatif dan dibumbui dengan berbagai bumbu.
Target : Anak-anak, remaja, dan dewasa.

Keunggulan produk:

Pisang dalam bentuk panggang merupakan salah satu jenis makanan yang banyak di gemari oleh masyarakat. Bahan olahan yang mudah diproduksi dan diperoleh, selain memiliki biaya produksi yang rendah dan potensi untuk memperoleh keuntungan yang besar dari penjualannya.

Struktur Organisasi

– Pemilik tempat makan
– Manajer Operasional
– Chef de Cuisine
– Direktur Sumber Daya Manusia
– Direktur ruang makan restoran
– Personil yang bertanggung jawab atas housekeeping
– Petugas keamanan
– Karyawan divisi makanan dan minuman
– Karyawan divisi service

Deskripsi Perusahaan

Pisang Epe yang juga dikenal sebagai pisang bakar ini merupakan salah satu rencana bisnis yang masuk dalam kategori kuliner atau industri makanan. Perusahaan akan menangani sendiri semua aspek proses produksi dan juga bertanggung jawab untuk memasarkan makanan.

Latar Belakang Bisnis

Jumlah warung makan yang berkembang pesat di Jakarta merupakan indikator kuat bahwa industri ini memiliki banyak potensi dan berkembang. Selain itu, budaya telah menjadikan ngemil sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, sedemikian rupa sehingga sekarang dianggap sebagai pilihan gaya hidup. Banyak orang yang selalu mencari tempat nongkrong yang menyajikan makanan lezat.

Segmentasi Pasar

Kedai Pisang Epe membidik pemasarannya ke segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa bahkan manula, sesuai dengan strategi segmentasi pasar. Tidak ada dampak buruk bagi kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi produk pangan dimana cocok dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat.

Strategi Pemasaran

Di berbagai jenis perusahaan, strategi pemasaran merupakan suatu komponen penting. Pada awalnya, Kedai Pisang Epe akan berkonsentrasi pada masyarakat yang berada di sekitarnya dengan membagikan selebaran dari pintu ke pintu. Diyakini bahwa peningkatan kesadaran masyarakat di sekitar lokasi bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan metode ini.

Kesempatan Memperoleh Keuntungan

Target penjualan harian berkisar antara Rp 4–5 juta. Jika ini dikonversi menjadi produk, hal itu berarti sekitar 200–250 porsi terjual setiap hari.

Rencana Strategi Bisnis

Sebagai persiapan ke depan, Kedai Pisang Epe telah mengembangkan tiga strategi bisnis yang berbeda. Rencana tersebut terdiri dari tujuan dan sasaran jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Berikut ini adalah alasannya:

• Dalam Jangka Pendek

Kedai Pisang Epe akan meningkatkan jumlah kerjasama dengan produsen pisang Indonesia. Mudah-mudahan ini akan memberi pelanggan lebih banyak pilihan untuk dipilih dalam hal variasi makanan.

• Dalam Jangka Menengah

Membuka lokasi tambahan di Jakarta dan sekitarnya dalam tiga sampai empat tahun ke depan. Selain itu, pembukaan lokasi baru di berbagai daerah lain di Indonesia. Akibatnya, semakin banyak masyarakat Indonesia yang semakin mudah mengakses Kedai Pisang Epe.

• Dalam Jangka Panjang

Kembangkan perusahaan menjadi salah satu brand komersial yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Tantangannya terletak pada menjalin kemitraan dengan warung makan di sejumlah negara berbeda dan membangun reputasi sebagai pemasok pisang terbaik dari Indonesia.

Perkiraan Awal Jumlah Produk Yang Akan Didistribusikan

Pada Harga Awal: Rp 20.000
Tempat: food court, tempat hiburan
Jumlah: 100 buah
Totalnya: Rp 2.000.000
Diperkirakan pasar akan membutuhkan dua kali lebih banyak, atau total 100 buah.

Kelebihan Dan Kekurangan

Produk yang dijual Kedai Pisang Epe sama sekali tidak cacat dan memiliki jarak tempuh yang cukup jauh sebelum mencapai potensi maksimalnya. Namun hingga saat ini, produk yang dibuat dengan Kedai Pisang Epe memiliki beberapa keunggulan, antara lain sebagai berikut:

– Memiliki berbagai macam rasa, yang masing-masing lebih kaya rasa.

– Diproduksi menggunakan bahan-bahan alami dan berkualitas tinggi yang telah melalui proses higienis sebelum dikemas sehingga terjamin aman untuk digunakan oleh siapa saja dan tidak menimbulkan efek samping.

– Karena dibuat dengan bahan-bahan segar, diproses secara higienis, dan dikemas dalam wadah kedap udara, maka kualitasnya terjamin konsisten setiap saat.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang melekat pada produk merek Kedai Pisang Epe:

– Karena tidak menggunakan pengawet kimia apapun, maka pisang harus selalu disimpan di dalam freezer agar tidak kehilangan kesegarannya. Jika dibiarkan menghangat hingga suhu kamar, ia akan kehilangan sebagian daya tahannya.

– Untuk menghasilkan pisang epe yang memenuhi standar, diperlukan arang yang telah dibakar dalam jumlah yang banyak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *